Sistem Informasi Manajemen Dan Manajemen Layanan Sistem Informasi





  • Sistem Informasi Manajemen



Apakah itu Sistem Informasi Manajemen atau yang biasa disebut SIM? Sistem Informasi Manajemen(SIM) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis meliputi pemanfaatan manusiadokumenteknologidan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi.

Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen


  1. Data yang diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berguna serta lebih berarti bagi yang menerimanya
  2. Sesuatu yang nyata atau bisa juga setengah nyata yang bisa mengurangi derajat ketidakpastian mengenai suatu keadaan atau kejadian.
Tujuan Sistem Informasi Manajemen

          Sistem Informasi Manajemen tersebut juga mempunyai tujuan dan maksud tertentu, berikut tujuan dari Sistem Informasi Manajemen tersebut:

  1. Menyediakan suatu informasi untuk pengambilan suatu keputusan.
  2. Menyediakan suatu informasi yang dipergunakan didalam suatu perencanaan, pengendalian, pengevaluasian dan juga perbaikan berkelanjutan.
  3. Menyediakan suatu informasi yang dipergunakan di dalam suatu perhitungan harga pokok produk, jasa dan tujuan lainnya yang diinginkan oleh manajemen.
        Dari Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dana pengguna lainnya, perlu memiliki akses menuju informasi akuntansi manajemen dan juga mengetahui bagaimana cara untuk dapat menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen tersebut bisa membantu mereka dalam mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan suatu masalah dan mengevaluasi kinerja yang telah dilakukan.
Manfaat Sistem Informasi Manajemen
            Dari tujuan tersebut kita akan mendapatkan manfaat dari Sistem Informasi tersebut diantaranya:
  1. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  2. Meningkatkan aksesbilitas data yang ada secara akurat dan tepat waktu bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya perantara sistem informasi.
  3. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
  4. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.

  • Manajemen Layanan Sistem Informasi
Apa itu Manajemen Layanan Sistem Informasi? dan bagaimana contohnya?Jadi, Manajemen Layanan Sistem Informasi atau ITSM (Information Technology Service Management) adalah suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. ITSM merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi

Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.


  • Hubungan Sistem Informasi Manajemen dan Manajemen Layanan Sistem Informasi
Menurut saya hubungan diantara kedua tersebut saling keterkaitan anatara satu dan lain. karena manajemen layanan sistem informasi  harus menunjang kinerja dari Sistem Informasi Manajemen agar keputusan yang dibuat menjadi optimal dalam suatu perusahaan sehingga dapat memberikan yang terbaik untuk profit perusahaan. 








Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM
                 https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen




Ingin tahu apa itu ITIL dan COBIT? dan apa hubungannya diantara keduanya? masuk ke link berikut ini: http://denytrihartadi.blogspot.co.id/2016/03/itil-information-technology.html




Komentar

Postingan populer dari blog ini

ICASA, IIA COSO dan ISO 1799

Program Sederhana Prolog

Bidang Profesi IT