Animasi Kelompok Dengan Microsoft PowerPoint 2016


ABSTRAK

Perkembangan teknologi belakangan ini sangatlah pesat , sehingga menuntut kita memperoleh informasi secara cepat dan juga instant. Terlebih lagi jika kita ingin meliat dunia animasi, Pengetian animasi sendiri adalah suatu media yang lahir dari dua konvensi atau disiplin yaitu film atau gambar. Agar kita dapat menggunakan dan mengerti teknik animasi kedua konvensi tersebut harus dipahami dan juga dimengerti. Aplikasi yang akan dipakai untuk membuat animasi kali ini saya menggunakan ‘MICROSOFT POWERPOINT 2016’ dengan metode deskriptif yaitu dengan menyatukan berbagai gambar menjadi sebuah animasi yang menarik, animasi yang akan dihasilkan yaitu seseorang yang terjebak dipulau terpencil.

PENDAHULUAN
Animasi berasal dari kata Animation yang dalam bahasa Inggris to animate yang berarti menggerakan. Contohnya sebuah benda yang mati, lalu digerakkan melalui perubahan sedikit demi sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan hidup. Animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi juga merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilustrasi gerakan pada gambar yang ditampilkan. Perkembangan animasi pada saat ini berjalan cepat dalam berbagai bidang. Animasi begitu dikenal dalam bidang perfilman, terutama dunia anak-anak. Akan tetapi, sekarang animasi tidak hanya digunakan dalam dunia hiburan seperti pembuatan film dan permainan, tetapi juga dalam pembuatan desain web dan dunia pendidikan. Animasi dalam dunia pendidikan berperan sebagai media pembelajaran yang menarik. Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional.Animasi dapat diintergrasikan ke media lain seperti video atau presentasi sehingga cocok untuk menjelaskan materi-materi pelajaran yang sulit disampaikan secara langsung melalui buku.


ISI

Animasi sederhana yang bertemakan situasi di kawasan pantai ini dibuat dengan Microsoft Powerpoint yaitu versi 2016. Animasi ini tidak menggunakan background yang sudah jadi, melainkan background ini dibuat terlebih dahulu. Untuk objek-objek yang terdapat pada animasi ini, di download terlebih dahulu di Google. Objek-objek yang dimaksud adalah gambar pohon, kapal, burung, helicopter,ikan, awan,udang, matahari,bintang laut, dan kupu-kupu. Untuk menampilkan gambar-gambar tersebut, pilih menu Insert → Picture dan pilih gambar-gambar yang sudah di download. Sedangkan untuk menambahkan suara pada animasi, pilih menu Insert → Audio.
Tab menu Animations berfungsi untuk perpindahan antar slide yang kita buat dengan posisi berjalan. Menu ini menyediakan pilihan - pilihan efek animasi. Pemilihan animasi juga perlu disesuaikan dengan jiwa isi presentasi atau berkaitan dengan tema isi presentasi. Fungsi Add Animations pada tab menu Animations adalah untuk menambahkan lagi efek animasi ke objek yang telah diberi efek animasi sebelumnya. Efek animasinya bisa ditambah lagi secara berulang – ulang, bisa saja suatu objek diberi animasi lebih dari 2 kali, tergantung kebutuhan penerapannya. Animation Pane berfungsi untuk menampilkan panel(jendela) penerapan efek animasi. Trigger adalah untuk menentukan objek yang telah diberi animasi yang mana yang tampil awal daripada objek – objek lainnya pada suatu slide.
Animation Timing berfungsi menentukan kapan mulai aktif / jalan animasi yang telah diterapkan pada objek. Menu ini tersedia pilihan “on click” yang artinya animasi mulai aktif setelah mouse diklik. Pilihan “With Previous” artinya animasi mulai aktif bersamaan / seiring dengan aktifnya animasi pada objek lain. Sedangkan pilihan “After Previous” arting animasi akan aktif setelah semua objek yang lain ak tif. Animation Duration berfungsi menentukan lamanya proses aktif efek animasi yang diterapkan pada objek yang diseleksi. Animation Delay untuk menentukan jeda waktu sebelum suatu animasi diaktifkan. Animasi yang telah ditentukan durasinya ataupun belum, maka tetap akan ditampilkan setelah waktu delay yang ditentukan.
Tema ini diambil agar dapat menceritakan bagaimana kehidupan di kawasan pantai, dimana dipantai tersebut ada beberapa kepiting dan seekor kupu – kupu yang hidup di sebuah pulau, dan seorang yang berjalan di pinggir pantai. Di laut tersebut terdapat hiu dan kapal pesiar yang sedang berlayar dengan ditemani cuaca yang cerah dan burung beterbangan. Juga ada pesawat yang sedang terbang di atasnya.

PENUTUP

Pembuatan animasi sederhana ini bisa menggunakan aplikasi lain, salah satunya dengan menggunakan Microsoft Powerpoint. Untuk membuat animasi dibutuhkan tema yang ingin dibuat, objek, dan audio guna mendukung pembuatan animasi tersebut. Pembuatan animasi tersebut dibutuhkan ketelitian dan kreatifitas agar animasi tersebut memuaskan.


REFERENSI:
https://www.google.co.id/search?q=awan+png&espv=2&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjZjonSkrrTAhWKqY8KHQPsBx0Q_AUIBigB&biw=1366&bih=589&dpr=1#imgrc=cTgFfll6B8cr-M:
http://ktmc.info/happy-sun-gif
http://www.clker.com/clipart-13509.html
http://cliparts.co/rumputpng
http://www.netanimations.net/walking_people.htm
https://www.pinterest.com/pin/481674122628180309/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ICASA, IIA COSO dan ISO 1799

Program Sederhana Prolog

Bidang Profesi IT