JENIS - JENIS AUDIT

Audit Internal 
Audit Internal adalah suatu jabatan yang menantang yang berkontribusi secara langsung pada optimalisasi organisasi. Menggunakan analisis manajemen dengan saksama dan intuitif, serta informasi keuangan, Anda akan bertanggung jawab untuk mengidentifikasikan bagaimana memaksimalkan efektivitas dan meminimalkan risiko.
Meskipun berfokus pada keuangan, para auditor internal dapat terlibat dalam segala aspek suatu organisasi, mulai dari kontrak TI hingga ke berbagai kebijakan lingkungan. Tugas Anda sehari-hari bisa termasuk menghadiri berbagai rapat, menginvestigasi proses, meneliti risiko, dan menggunakan berbagai macam peralatan perangkat lunak untuk mencatat dan menyajikan hasil kepada para pemangku kepentingan. 

Audit Sistem Informasi
Audit Sistem Informasi (Informatin System Audit) adalah proses pengumpulan data dan pengevaluasian bukti-bukti untuk menentukan apakah suatu sistem aplikasi komputerisasi telah menetapkan dan menerapkan sistem pengendalian internal yang memadai, semua aktiva dilindungi dengan baik atau disalahgunakan serta terjaminnya integritas data, keandalan serta efektifitas dan efesiensi penyelenggaraan sistem informasi berbasis komputer.
             
           Jenis-jenis Audit Sistem Informasi:

           -  Audit Laporan Keuangan (Financial Statement Audit)
           -  Audit Operasional (Operational Audit)
           
           Tujuan Audit Sistem Informasi
           - Pengamanan Aset
           - Menjaga Integritas Data
           - Efisiensi Sistem
           - Ekonomis

Audit Kecurangan
Audit Kecurangan adalah prosedur yang dilakukan untuk memeriksa apakah suatu laporan keuangan perusahaan terindikasi telah terjadi suatu bentuk kecurangan/ fraud yang dilakukan secara sengaja oleh pihak-pihak tertentu sehingga menimbulkan salah saji yang material sehingga bisa menipu para pengguna. 

Audit eksternal / Audit Keuangan
Audit eksternal adalah audit terpisah dari perusahaan untuk memastikan bahwa laporan keuangan perusahaan disusun telah mengikuti prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku untuk umum.









Sumber: 
https://yourfuture.accaglobal.com/id/id/your-career/sectors-industries-roles/internal-auditor.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Audit_internal Ron Weber .1999. Information System Control and Audit. Prentice-Hall, Inc: New Jersey.
Ikatan Akuntan Publik. 2001. Standar Profesional Akuntan Publik. Salemba Empat: Jakarta.http://www.materiakuntansi.com/perbedaan-audit-internal-dan-eksternal/



 

Postingan populer dari blog ini

ICASA, IIA COSO dan ISO 1799

Program Sederhana Prolog

Bidang Profesi IT